Justybike

Just another WordPress.com weblog

2 wireline hardware

Posted by justybike pada Oktober 16, 2008

Pada dasarnya, komputer memiliki kemampuan untuk dikoneksikan dalam sebuah jaringan. Sedikit pengetahuan yang didapat tentang pembuatan jaringan LAN. Prinsipnya yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah jaringan LAN adalah:

  1. Sebuah Hub. Hub merupakan sebuah perangkat guna menghubungan beberapa perangkat komputer
  2. Kabel RJ 45, Merupakan kabel khusus yang menghubungan komputer dengan jaringan itu sendiri.

3. LAN Card. Dengannya, sebuah komputer mampu berkoneksi dengan jaringan.

Hardware di atas merupakan kebutuhan minimum dalam membnagun sebuah jaringan. Tentu saja, semakin kompleks suatu jaringan, perlengkapan yang dibutuhkan akan semakin lengkap. Selanjutnya yang perlu dilakukan, setelah instalasi hardware ini adalah setting di software/sistem operasi.

Pada sistem operasi windows XP, seting jaringan, biasanya dilakukan di control Panel >> Network Connections >> Create a new connection atau set up a home or small office network. Dam setelah itu, setting jaringan bisa dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah dalam setting TCP/IP, IP address komputer dalam satu jaringan tidak boleh sama.

4. Asynchronous Transfer Mode

ATM beroperasi mulai dari 25 MBps sampai 622 MBps. ATM adalah suatu bentuk teknologi paket switching yang menggunakan sel data dengan panjang tetap (53 byte) pada sirkuit virtual. Dengan ukuran sel data yang tetap dan kecil, memungkinkan switching pada kecepatan dengan throughput tinggi. Dengan delay yang sangat kecil dan waktu interval yang tetap antar sel data, memungkinkan aplikasi suara dan video dikirim lewat LAN dan berbagai jenis tipe data yang berbeda digabungkan dalam network yang sama. Walaupun ATM tidak mencapai kecepatan Gigabit di atas network, feature delay dan waktu interval menjadikannya teknologi potensial untuk LAN kecepatan tinggi membawa aplikasi multimedia.

Tinggalkan komentar